Pages

Sunday, July 30, 2023

Darimana kah Mikroplastik di laut berasal?

Ternyata plastik yang mengendap di laut tidak hanya yang berukuran besar besar saja. Ukuran mikro bahkan nano pun juga menghiasi lautan dunia.

Mikroplastik merupkan plastik yang berukuran sangat kecil berkisar 0,33 - 4,75 mm. Dan nanoplastik lebih kecil dari ukuran tersebut.

.

Mikroplastik ini ternyata banyak dihasilkan dari benda-benda yang tidak kita sadari. Menurut Eunomia, mikroplastik yang ada di laut dunia dari benda berikut ini :

1. Debu ban kendaraan, yang bergesekan dengan aspal. Jumlahnya mencapai 270 ribu ton dan merupakan penyumbang mikroplastik terbesar.

2. Cacahan plastik, dari pastik-plastik yang terbuang ke lautan. Jumlahnya juga sangat besar 230 ribu ton.

3. Tekstil, yang berasal dari serat buatan yang berasal dari cucian pakaian maupun yang terhempas ke lingkungan. Berjumlah 190 ribu ton.

4. Cat bangunan, berasal dari bangunan di daratan maupun di laut yang terkelupas. 130 ribu ton.

5. Cat jalan raya, yang mengelipas dan terhempas karena gesekan. 80 ribu ton

6. Kosmetik, yang menganduk microbeads. 35 ribu ton.

7. Cat kapal laut dan industri di laut, 16 ribu ton.

.

Tanpa kita sadari ternyata banyak aktivitas dan barang-barang kita yang menyumbangkan mikroplastik di lautan. Dimana jumlah total dunia mencapai 0,95 juta ton per tahunnya.

.

Kita sudah tahu pencemaran dari mikroplastik yang tentunya sangat berbahaya bila dikonsumsi langsung oleh manusia maupun oleh hewan laut yang akhirnya juga dikonsumsi oleh manusia.

.

Jadi sudah kah kita memiliki aksi nyata untuk mencegah timbulnya mikroplastik dan/atau menanggulanginya?

.

Yuk bareng-bareng sama GreenPro.id untuk mencegah timbulnya mikroplastik dikemudian hari dengan nabung dan sedekah sampah. Bisa langsung daftar di GreenPro.id.


Sumber :

https://www.facebook.com/greenproidn/photos/a.138163917739198/175070414048548/?type=3

No comments:

Post a Comment